BPJS Kesehatan Cabang Tondano, Gelar Kegiatan Sosialisasi Mobile JKN 

KOTAMOBAGU – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano menggelar kegiatan bersama perwakilan media yang ada di Bolmong Raya, bertempat di hotel Sutan Raja Kota Kotamobagu, pada Selasa, 21 Mei 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Umra Alimin, Kepala Bagian Mutu Kesehatan, sebagai pemateri. Serta betapa pentingnya aplikasi Mobile JKN sebagai inovasi pelayanan kesehatan yang memberikan berbagai manfaat kepada peserta JKN KIS.

Read More

Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi dari BPJS Kesehatan yang menggunakan teknologi untuk mempermudah peserta dan calon peserta JKN KIS. Dengan aplikasi ini, peserta dapat menikmati berbagai program layanan kesehatan dan mendapatkan informasi-informasi penting seputar layanan kesehatan.

Salah satu manfaat dari aplikasi Mobile JKN adalah kemudahan akses informasi fasilitas kesehatan dan daftar dokter yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Jika peserta mengalami kendala, misalnya terkait ketersediaan kamar di fasilitas kesehatan, mereka dapat melaporkannya kepada BPJS Kesehatan untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberikan program unggulan bernama Rencana Pembayaran Bertahap atau REHAB, yang bertujuan untuk meringankan tunggakan peserta. Program ini memungkinkan peserta untuk membayar tunggakan BPJS secara bertahap sekaligus membayar iuran yang berjalan.

Program REHAB sudah dihitung dengan matang sehingga peserta dapat menyelesaikan tunggakan dalam waktu maksimal 12 bulan. Program ini memberikan keuntungan bagi peserta yang telah menunggak dalam jangka waktu yang lama, di mana mereka hanya perlu membayar tunggakan selama 2 tahun meskipun telah menunggak selama 4-5 tahun.

Peserta akan dapat langsung menikmati layanan dari BPJS Kesehatan setelah tunggakan terselesaikan. Program ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada peserta dengan tunggakan yang cukup besar sehingga mereka tetap dapat menggunakan fasilitas kesehatan yang diperlukan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Fasilitas Kesehatan, Umra Alimin, Kepala Bagian Kepesertaan, Albert Christian, Kepala Bagian Perencanaan Keuangan dan Pemeriksaan, Yuli Gani, serta perwakilan BPJS Kesehatan dari cabang Kotamobagu, Bolmut, dan sejumlah media online dan cetak.

Melalui Mobile JKN dan program REHAB, BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien bagi seluruh peserta. Melalui inovasi dan program-program tersebut, diharapkan penggunaan layanan kesehatan oleh masyarakat dapat menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Tujuan diadakannya sosialisasi adalah dalam upaya BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan JKN KIS, sehingga mempermudah peserta JKN tidak perlu datang ke kantor cabang BPJS.  *(Sandi Bawoel)*

http://mnt.co.id/wp-content/uploads/2024/09/99whatsapp-image-20240825-at-131041jpeg.jpg